Ini Dia Alat Elektronik Yang Menyebabkan Boros Listrik

Seringkali ibu-ibu rumah tangga mengeluh karena mahalnya tagihan listrik, para ibu rumah tangga ini berpikir bahwa sudah menghemat pemakaian daya listrik tetapi mengapa masih harus mengeluarkan biaya yang besar. Nah, mungkin banyak ibu-ibu yang belum tahu kalau sebagian elektronik yang dipakai di rumah menyebabkan boros listrik. Kira-kira apa saja ya elektronik tersebut? Yuk, silahkan simak artikel di bawah ini.

Mengenal Alat Elektronik Yang Boros Listrik

Pada umumnya sebelum membeli alat eletronik, hal yang paling utama pasti yang kita pikirkan adalah daya wattnya rendah atau tidak. Perangkat elektronik hadir untuk memudahkan aktivitas sehari-hari yang membuat nyaman dan menghibur diri kita. Akan tetapi untuk memuaskan kebutuhan kita harus membayarnya dengan tagihan listrik yang cukup signifikan.

Nah, kamu pernah gak sih berpikir kalau sebagian alat elektronik yang kamu pakai sehari-sehari itu menyebabkan tagihan kamu meledak meskipun kamu awalnya berpikir tidak menyerap listrik yang banyak. Perangkat penyebab boros listrik haruslah diperhatikan pemakaiannya dan tentunya berapa besar daya yang diserap. Pilihlah perangkat listrik yang eco-savvy atau hemat energi dan tidak menyerap banyak daya sehingga tagihan listrik bisa lebih murah daripada sebelumnya.

Kita harus mengetahui secara pasti berapa besarnya daya listrik yang digunakan oleh peralatan yang bakal dibeli lalu kemudian mempertimbangkan dan menghitung kembali total kemampuan daya listrik terpasang di rumah atau tempat tinggal kita. Berikut ini adalah alat elektronik yang menyerap banyak listrik:

Lampu rumah

Image result for lampu rumah

Lampu rumah memang berguna sekali dalam menerangi sudut-sudut rumah dan pemakaian lampu dalam jumlah besar akan membuat ruangan terasa panas sehingga membutuhkan pendinginan ruangan dengan energi yang lebih kuat. Sesuaikan jumlah titik lampu dengan kebutuhan ruangan. Jika ruangan rumah kamu tergolong luas, belilah LED dengan daya sorot luas ke berbagai penjuru. Itu lebih baik dibanding membeli dua bohlam dengan watt yang sedikit lebih terang. Bila kamu memiliki teknologi listrik bertenaga surya, rawatlah. Teknologi itu bermanfaat untuk penerangan di luar rumah atau bahkan taman.

Hal yang bisa kamu lakukan menanggunglanginya adalah dengan memasang lampu yang ramah lingkungan yaitu jenis LED ( Light Emitting Diode) yang merupakan lampu tahan panas dengan ukuran daya (watt) kecil. Sewaktu pagi hari atau malam hari cobalah buka gordyn jendela, kamu dapat mengandalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan rumah kamu.

Air conditioner

Pendingin ruangan biasanya memiliki konsumsi energi listrik tergantung akan besarnya PK. Semakin kecil PK-nya, maka semakin kecil pula watt-nya. AC 1/2 PK memiliki 400 watt, AC 3/4 PK 600 watt, AC 1 PK 840 watt, AC 1,5 PK bervariasi mulai dari 270 hingga 1070 watt dan AC 2 PK 300 hingga 1710 watt. Cobalah untuk mengalikan watt dengan jumlah jam pemakaian untuk mengetahui jumlah penggunaan energi dari AC.

Aturlah suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan kamu, jangan atur suhu terlalu dingin ketika sedikit orang. Hindari kebocoran udara dari luar karena jika AC terekspos dengan udara luar, AC akan bekerja dua kali lipat untuk mendinginkan ruangan.

Mesin pompa air

Related image

Kalau kamu tidak menggunakan PAM, itu berarti kamu membutuhkan pompa air yang memompa air dari sumur. Mesin pompa air mempunyai beragam jenis dan juga daya yang dibutuhkan mulai dari 100 watt sampai 10.000 watt. Pilihlah pompa air dengan sistem otomatis yang berhenti ketika bak penampung sudah penuh. Sebelum membeli pompa air, ada baiknya kamu memikirkan jenis mana yang sesuai dengan kemampuan daya di rumah kamu. Teliti juga apakah ada kebocoran air dari pipa dan yang terakhir, gunakan air dengan bijaksana dan sehemat mungkin.

Kulkas

Image result for kulkas

Kulkas berfungsi sebagai mesin pendingin yang memiliki daya listrik yang bisa dibilang tidak terlalu besar, namun pemilihan jenis kulkas yang salah bisa menyebabkan tidak cukupnya listrik di rumah kita dalam mensuplai energy bagi kulkas.

Secara umum kulkas yang biasa dipakai di rumah terdiri atas dua jenis yaitu satu pintu dan dua pintu. Untuk kulkas 1 pintu daya listriknya sekitar 50 sampai 80 watt sedangkan untuk yang 2 pintu daya listriknya adalah 100 sampai 120 watt.

Agar kulkas awet, sebaiknya jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas karena akan membuat kulkas bekerja lebih berat untuk mendinginkannya. Jika kulkas bekerja lebih berat akan berefek pada tagihan listrik yang akan menjadi besar.

Tv

Image result for tv jenis led

Televisi merupakan salah satu sumber hiburan yang selalu ada di setiap rumah. Biasanya kita menyalakan tv minimal 3 jam sehari. Daya listrik yang dikeluarkan untuk televisi tergantung jenis dan ukuran sebuah TV. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah daya televisi dan durasi dinyalakannya. Jenis TV LED merupakan jenis tv dengan daya terendah dibandingkan dengan TV jenis LCD dan Tabung. Karena tagihan listrik bergantung pada durasi, ada baiknya kamu menggunakan tv jika pada saat kamu ingin menonton saja.

Setrika Listrik

Related image

Jika mesin cuci masih bisa diganti dengan proses cuci manual menggunakan tangan maka setrika listrik sulit untuk digantikan dengan alat lainnya terutama bagi penduduk di wilayah perkotaan. Setrika listrik memakan daya listrik yang cukup besar sekitar 300 watt dengan pemakaian yang cukup sering. Nah lho, jadi cukup menyetrika pakaian yang mudah kusut aja ya biar hemat.

Itu dia alat elektronik yang menyebabkan boros listrik, nah untuk itu para ibu-ibu rumah tangga harus lebih teliti lagi dalam menggunakan perangkat eletronik seperti yang di atas, cukup gunakan sesuai keperluan saja.

arrow