Inilah Elektronik Paling Kecil Sedunia Bahkna Ada Yang Seukuran Jari

Saat ini trend gadget di seluruh dunia hampir di dominasi dengan segala sesuatu yang berukuran cukup jumbo. Mulai dari ukuran smartphone, laptop, televisi bahkan hingga resolusi pixel pada kamera sekalipun semuanya kini segalanya serba besar dan mewah.

Pokoknya saat ini semua hal yang berukuran besar lah yang diminati oleh orang-orang karena dianggap keren. Karena itu nyaris seluruh produsen perangkat elektronik juga berlomba-lomba untuk membuat gadget yang berukuran besar untuk memenuhi tuntutan pasar.

Namun dulu pada awal tahun 2000-an, trend dari Gadget justru berbanding terbalik dengan yang ada saat ini. pada era awal revormasi tersebut, justru gagdet berukuran kecilah yang menjadi idola di pasaran.

Trend unik ini juga tak tak hanya terjadi di Indonesia saja, karena hampir di seluruh penjuru dunia gadget yang berukuran mini juga menjadi idola.

Kegemaran masyarakat terhadap perangkat elektonik berukuran mini ini sendiri bertahan cukup lama hingga akhir tahun 2009, sebelum akhirnya berganti trend pada gadget yang berukuran besar seperti saat ini.

Karena dari itu, mari kita sedikit bernostalgia dengan mengenang beberapa Gadget mini yang pernah dibuat di dunia ini, beberapa tahun yang lalu. Berikut daftar gadget terkecil yang pernah diciptakan, antara lain sebagai berikut:

Layar Televisi Terkecil Di Dunia

Gadget terkecil di dunia yang pertama adalah sebuah layar televisi buatan perusahaan asal Skotlandia yang bernama Skotlandia MicroEmissive atau lebih di kenal dengan ME.

Sangking kecilnya, layar televisi yang di beri nama ME1602 ini bahkan sampai masuk ke dalam rekor dunia dari Guinness World Records pada tahun 2007 yang silam sebagai layar televisi terkecil di dunia.

Dengan ukuran hanya 4×3 milimeter, rekor yang dipegang oleh ME1602 sebagai layar televisi terkecil di dunia hingga kini masih bertahan.

Sangking kecilnya layar TV ini bahkan tak lebih besar dar ujung jari dan nyaris tak bisa dilihat jelas dengan mata telanjang. Namun, meski begitu layar ini tetap di bekali dengan resolosi gambar hingga mencapai 30.000 pixel.

Sayang resolusi sebesar itu terasa sedikit mubazir mengingat kecilnya layar TV ini. Tapi meski begitu layar televisi ini pada tahun 2013 yang lalu ternyata di borong oleh sebuah perusahaan manufaktur asal Asia yang di rahasiakan namanya.

Perusahaan tersebut diduga akan menggunakan layar tv supermini ini guna kebutuhan peranti bagi peralatan kesehatan dan juga peralatan militer.

Dan bagi yang masih penasaran dengan seberapa kecil layar ini, bagi kalian yang pernah melihat televisi terbesar di dunia yang berukuran sekitar 100 inci, maka layar tv ME1602 berukuran 283.333.333 jauh lebih kecil dari itu. Bagaimana sudah bisa membayangkan.

Komputer Terkecil Di Dunia

Bagi yang mengira bahwa gambar di atas merupakan sebuah USB atau kita biasa menyebutnya Flasdisk, maka kalian sudah salah besar. Karena meski bentuknya nyaris serupa, namun yang kalian lihat pada gambar di atas merupakan sebuah personal komputer.

Komputer portable buatan sebuah perusahaan asal Norwegia ini, juga bukan sekedar dibuat untuk gaya-gayaan karena meski berukuran sangat kecil, namun komputer ini tetap mampu mengoperasikan sistem operasi Android dan juga Ubuntu (salah satu distribusi dari Linux) dengan baik.

Dengan dibekali prosesor dual core ARM 1.2 GHz dan ditambah dengan Ram sebesar 1 GB, yang mampu ditingkatkan hingga mencapai 64 GB, maka komputer ini sudah bisa di gunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor sederhana seperti membuat dokumen hingga sekedar untuk memutar video dari film.

Tinggal colokan komputer ini pada perangkat lain pelengkapnya layaknya komputer kita yang ada di rumah, maka semuanya sudah beres.

Tak hanya sampai disitu, komputer supermini ini bahkan juga di lengkapi dengan koneksi WiFi, jadi saat kita membawanya keluar komputer ini tetap bisa terkoneksi dengan jaringan internet yang ada.

Sedangkan untuk harganya komputer mini ini dibandrol dengan harga sekitar USD 200 atau kurang lebih Rp 2.500.000.

Produsen yang mengeluarkan komputer mini ini mengkalim bahwa teknologi mereka merupakan teknologi masa depan, namun sayangnya kini tak ada lagi kabar mengenai kelanjutan perkembangan dari komputer mini ini di pasaran.

Kamera Terkecil Di Dunia

Sedikit beralih ke dunia kesehatan, pada tahun 2011 silam Intitut Fraunhofer, asal Jerman yang merupakan Intitut terkemuka dalam bidang teknologi kesehatan memperkenalkan sebuah Kamera supermini yang berukuran sekitar satu milimeter.

Kamera sekali pakai yang dirancang untuk dapat memasuki tubuh manusia ini memang sengaja di desain sekecil mungkin agar tak mengganggu kenyamanan manusia sewaktu menelanya.

Dengan ukuran yang jika kita lihat baik-baik hanya sedikit lebih besar dari jarum suntik ini, kamera yang biasa digunakan dalam proses endoskopi ini dibekali dengan resolusi sekitar 0.06 megapixel.

Dengan resolusi sekian tentu kita tak bisa mengharapkan gambar dengan kualitas yang bagus dan jernih. Namun, karena hanya digunakan untuk merekam perjalan dalam tubuh manusia dan juga merupakan kamera yang hanya bisa di gunakan satu kali saja maka rasanya resolusi sekian sudahlah memadai.

Sedangkan untuk urusan harga meski tak disebutkan secara terperinci, namun karena berhubungan dengan dunia kesehatan, maka dijamin harganya tak akan murah.

Kamera supermini ini sendiri hingga kini masih terus dikembangkan oleh Institut Fraunhofer, guna meningkatkan resolusi kameranya, agar bisa menghasilkan gambar yang lebih baik dari bagian tubuh manusia.

Hanya saja yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya untuk menemukan kamera ini setelah keluar dari tubuh manusia, mengingat ukuranya yang nyaris tak bisa dilihat menggunakan mata telanjang dengan jelas. Semoga saja mereka memasang pelacak pada kamera supermini ini agar memudahkanya untuk ditemukan.

Smartphone Terkecil Di Dunia

Smartphone merupakan gadget yang nyaris dimiliki oleh semua orang saat ini. Selain karena nyaris bisa digunakan untuk apapun, mulai dari sekedar chatting hingga menonton video, smartphone saat ini merupakan salah satu gadget yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagaian orang.

Dengan mengusung sistem layar sentuh, nyaris semua smartphone yang ada di toko-toko biasanya memiliki layar yang lebar. Selain itu layar yang besar ini juga merupakan favorit bagi sebagai besar konsumen.

Karena itu nyaris semua produsen ponsel berlomba membuat ponsel berlayar besar untuk memenangkan hati pelangganya. Namun, tentu saja bukan berarti semua ponsel pintar yang ada di pasaran berukuran besar.

Contohnya adalah smartphone baru yang di keluarakan oleh Apple ini yang hanya memiliki dimensi layar sekitar 4 inci saja. Cukup kecil bukan, namun meski hanya berukuran 4 inci ternyata smartphone ini bukanlah yang terkecil di dunia.

Karena lewat sebuah video lansiran Unbox Therapy ini memperlihatkan sebuah smartphone bernama Posh Mobile Micro X S240 yang hanya memiliki layar sebesar 2,4 inci.

Dengan warna pink yang lembut, ponsel mini ini tetap dibekali dengan spesifikasi yang cukup lumayan jika dibandingkan dengan ukuranya.

Dengan RAM 512 MB dan media penyimpanan hingga mencapai 4 GB, lengkap dengan prosesor dual core serta dilengkapi kamera 2 megapixel.

Sedangkan untuk versi Androidnya sendiri, ponsel mini ini dilengkapi dengan prosesor sistem Kitkat 4.4. Namun sayangnya semua itu terasa mubazir, mengingat ukuran layarnya yang terbilang cukup kecil sehingga membuat tak banyak icon menu yang bisa di tampilkan pada home screen.

Selain itu, bagi yang memiliki ukuran jempol tangan lumayan besar juga dijamin akan kesulitan untuk mengetik pada layar ponsel ini, kalau enggak hati-hati bisa dikira alay karena typo terus saat mengetik pesan.

Drone Terkecil Di Dunia

Bagi kalian yang tinggal di kota besar pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Drone, yakan. Drone adalah Sebuah pesawat tak berawak yang di kendalikan dengan remot kontrol.

Banyak sudah drone yang bisa kita jumpai di toko-toko terdekat. Meski dulu alat ini banyak digunakan untuk keperluan militer dan sekarang menjadi gadget canggih yang biasa dimainkan oleh anak-anak kota.

Tapi, pernahkan kalian mendengar nama Robobee? Pasti nama itu masih sangat asing ditelinga kita. Robobee adalah nama dari drone terkecil yang pernah ada di dunia ini.

Dengan ukuran yang tak jauh lebih besar dari sebuah koin logam, drone supermini ini konon dibuat superkecil karena terinspirasi oleh serangga.

Dengan ukuranya yang sangat kecil ini, Robobee di gadang-gadang merupakan drone tercangggih pada saat peluncuranya waktu itu. Banyak pula yang menganggap Robobee akan sangat berguna di masa depan (sekarang).

Terutama untuk mengamati area-area yang sangat berbahaya dan tak bisa dijangkau oleh manusia. Seperti contohnya untuk mengintip kedalam sarang lebah guna mempelajari kehidupan di alam hingga untuk meninjau daerah sisa perang nuklir yang berbahaya.

Dengan diprogram agar semirip mungkin dengan serangga, maka akan sulit untuk mengenali keberadaan mini drone Robobee yang juga menjadik drone unik ini sebagai alat mata-mata yang mumpuni.

Radio Terkecil di Dunia

Radio merupakan sebuah teknologi komunikasi dengan cara mengirimkan sinyal melalui gelombang elektromagnetik. Teknologi komunikasi saat ini yang sudah sangat canggih sekalipun tetap menggunakan konsep-konsep dari gelombang radio tersebut.

Bahkan para astronot agar bisa tetap berkomunikasi dengan bumi menggunakan sinyal radio, karena gelombang elektromagnetik bisa merambat di ruang hampa udara. Namun, pernahkah kalian melihat radio dengan ukurannya yang sangat kecil?

Motz Wooden FM Radio adalah radio terkecil yang terbuat dari kayu dengan ukuran 37 x 26 x 19 mm dan berat hanya 17 g. Sama seperti radio lainnya, Motz juga bisa menangkap beberapa stasiun radio FM tetapi dengan cara menekan tombol yang ada di bagian depan. Untuk memastikan siaran radio diterima cukup baik, Motz juga telah dilengkapi dengan antena.

Pada bagian belakang terdapat tombol On/ Off dan baterainya sendiri menggunakan baterai Lithium yang bisa diisi ulang melalui koneksi USB.

Selain untuk fungsi radio, Motz juga bisa kita gunakan untuk berfungsi sebagai speaker eksternal yang bisa disambungkan ke ipod atau pemutar musik portabel lainnya. Motz dijual dengan harga 39.800 Won (sekitar Rp. 350.000).

Itulah beberapa gadget terkecil yang pernah dibuat di dunia ini. Semoga informasi barusan tadi bermanfaat atau mungkin ada diantara kalian yang berminat untuk memiliki salah satu alat yang sudah kami jelaskan di atas tadi. Silakan saja, asal gadget tersebut benar-benar bermanfaat bagi kalian tentu hal tersebut sah-sah saja.

arrow